Reaktivasi Taman Nasional Tanjung Puting Resmi dibuka (Bahasa)

Kabar baik bagi seluruh pelaku pariwisata & agen perjalanan wisata Indonesia, setelah sekitar 7 bulan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) ditutup untuk wisatawan karena darurat pandemi virus corona (covid-19). Pada hari selasa tanggal 6 Oktober 2020 Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah resmi kembali membuka (reaktivasi) destinasi wisata TNTP, di Dermaga TNTP Kumai.

Reaktivasi resmikan oleh Bupati Kobar
Foto peresmian reaktivasi TNTP untuk wisata oleh Bupati Kotawaringin Barat (Kobar)
Sumber: Prokom Kobar

TNTP kembali dibuka untuk wisatawan domestik maupun mancanegara dengan mengikuti standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona, dan prosedur baru pembelian tiket masuk TNTP dengan sistem Aplikasi daring (online) serta kunjungan wisatawan yang masuk kawasan TNTP ini dibatasi maksimal 170 orang per hari. Serta pemesanan tiket masuk TNTP selambatnya – lambatnya 3 (tiga) hari sebelum hari keberangkatan atau jadwal perjalanan, dengan menggungah surat keterangan bebas covid hasil Rapid test/ PCR (Swab test) pada aplikasi daring SITANPAN.

Aplikasi SITANPAN
Aplikasi Sistem Informasi Taman Nasional Tanjung Puting (SITANPAN)

Pada masa awal reaktivasi TNTP untuk sementara hanya 1 feeding camp yang dibuka untuk kunjungan wisatawan yaitu Camp Tanjung Harapan yang merupakan Camp pertama dari dermaga Kumai dengan menempuh lama perjalanan 2 jam dengan menggunakan Kapal Motor Wisata (Kelotok). Dalam kawasan Camp tanjung harapan wisatawan dapat melihat aneka satwa orangutan liar dan menemukan berbagai jenis flora seperti anggrek, dsb.

Dengan adanya peresmian reaktivasi TNTP semoga dapat menarik minat wisatawan lokal/ domestik untuk mengunjungi TNTP serta dapat membantu peluang usaha untuk para pelaku wisata yang telah lama terdampak oleh pandemi virus corona

Salam,
Team Sistertour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!